Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive - Beberapa tahun yang lalu saya selalu menginginkan adanya media penyimpanan dalam jumlah yang besar dan juga aman. Bagaimana tidak saya selalu teledor dalam membawa flashdisk yang berisi data data dokemen kerja saya, alhasil saya harus mengetik dan menyalin ulang dokumen kerja saya kembali. Tapi beruntung kini saya telah menemukan jalan yang bagus yaitu untuk mengelola berbagai dokumen saya ke dalam aplikasi google drive. Setelah bertahun-tahun saya nantikan akhirnya ketemu juga dengan media penyimpanan jumlah besar dan juga aman. 


Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive

Hai pengunjung blog ike nofalia, disini saya akan memberikan Anda sebuah informasi yang menarik mengenai sebuah aplikasi terbesar penyimpanan aman milik google, yaitu google drive. Google drive merupakan aplikasi yang bisa digunakan sebagai media penyimpanan dan pengelolaan dokumen yang berkapasitas hingga 15 GB. Tidak terbayangkan bagaimana jika kita harus menyimpan berbagai dokumen penting di sebuah flashdisk yang kapasitasnya minim dan mudah hilang. Pasti sering kan kita kehilangan flashdisk disaat sedang mengerjakan tugas kelompok atau hal semacamnya, Maka dari itu artikel yang akan saya berikan ini sangat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan solusi menyimpan data serta mengelola data dengan aman.




Maka dari itu kita perlu sebuah aplikasi media berkapasitas besar dan aman untuk melindungi dokumen dokumen penting kita.

Yang pertama perlu kalian perlu ketahui mengenai google drive adalah dari segi fitur yang ditawarkan, yaitu ; media penyimpanan, membuat dokumen, sharing dokumen, dan mengelola aplikasi yang lebih leluasa.

Pertama kali Anda membuka google drive Anda akan melihat demo demo yang terdapat dalam sisitem, namun saya rasa demo demo yang diberikan belum cukup dimengerti, maka dari itu ijinkan saya untuk menyederhankannnya. :)

Untuk dapat membuka aplikasi google drive dipastikan untuk kalian memiliki  sebuah email gmail (bukan email yahoo atau email lainnya) jika Anda belum memiliki gmail Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.


Disini saya akan contohkan memindahkan beberapa dokumen penting saya ke dalam google drive, karena saya akan menggunakan kembali dokumen gambar tersebut  di kantor.

Ribet dan gak banget deh kalau bawa bawa flashdisk( takut jatoh, apalagi hilang ditengah jalan ).

Perhatikan step by step berikut dibawah ini ya :

Memindahkan (mengupload) dokumen ke aplikasi google drive. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah masuk ke dalam dashboard google drive milik saya. Lalu pada tampilan seperti dibawah ini saya pilih membuat folder baru yang sesuai dengan isi dokumen  lalu pilih unggah file.

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive

Disini saya coba membuat folder dengan nama folder "Gambar Peta" yang dimana nantinya folder tersebut saya upload beberapa gambar peta.

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive


Setelah saya membuat folder dengan nama "Gambar Peta" maka selanjutnya saya tinggal menguploadnya ke dalam folder yang sudah saya buat.

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive

Setelah menunggu beberapa saat maka File yang saya pilih sudah terupload rapih sesuai dengan foldernya.

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive

Sudah selesai saya upload, mau diapakan lagi ? hmm sepertinya saya ingin mencoba membagikan ke beberapa teman kerja saya di kantor yang memang sduah menggunakan google drive seperti saya. Jadi nanti ke kantor gak usah ribet ribet lagi buat ngirim.

Membagikan dokumen menggunakan aplikasi google drive. 

Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive
Selain dapat berbagi file, google drive juga menyediakan beberapa fitur untuk membuka file Anda dengan berbagai aplikasi lainnya.
Pada gambar diatas terlihat "Bagikan dengan orang lain" disana Anda bisa mengetikan alamat email teman yang dituju. jika sudah selesai maka klik kotak biru "Beres".

Hmm ??? betapa mudahnya bukan mengelola dokumen kita di google drive, apa sudah cukup itu saja ??? Bukan google namanya jika tidak menghadirkan sesuatu yang canggih. Pada google drive juga kita bisa membuat dokumen seperti presentasi power point, microsoft word, excel dan hal lainnya.

Contoh saja saya kemarin membuat sebuah presentasi mengenai gandum menggunakan google drive. presentasi ini untuk sepupu saya yang kebetulan masih duduk di bangku SMK. Coba deh lihat hasilnya dibawah ini : 



Bagaimana pembaca ? canggih gak si google drive ??? Penasaran untuk tahu cara membuat dokumen di google drive ? Nantikan artikel ike nofalia selanjutnya,, akhir kata saya ike nofalia semoga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tutorial Mengelola Dokumen Menggunakan Aplikasi Google Drive"

Post a Comment