Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Tempat Liburan di Bandung

Tempat Liburan di Bandung Wisata Alam dan Cerita Rakyat

Tempat Liburan di Bandung  - Tempat liburan di Bandung memiliki variasi yang banyak. Bandung memberikan banyak pilihan bagi masyarakat. Sebut saja mulai dari wisata agro, belanja, budaya, dan alam. Wisata alam yang ada di Bandung kebanyakan berupa gunung dan kawah. Tidak lah mengherankan, karena Bandung memang terletak di jalur gunung berapi. Bahkan kota Bandung sendiri dibangun di cekungan danau Bandung purba.

Beberapa lokasi bisa menjadi pilihan wisatawan. Baik karena alamnya yang unik atau ada cerita rakyat di balik lokasi tersebut.

Tempat liburan di Bandung yang Bernuansakan Alam


1. Kawah Putih Ciwidey

Tempat Liburan di Bandung

Kawah Putih Ciwidey terletak sekitar 50 km arah selatan kota Bandung. Merupakan kawah vulkanik aktif. Warna tanahnya berwarna putih karena kandungan belerang. Membuat pemandangan Kawah Putih terlihat menarik. Keunikan lain yang didapat, warna air di Kawah Putih sering berubah warna. Kawah Putih yang berada di Gunung Patuha juga memiliki mitos. Nama Patuha dikatakan berasal dari kata Pak Tua atau Patua. Sebutan lainnya adalah Gunung Sepuh. Kenapa? Karena di sekitar kawasan Kawah Putih terdapat beberapa makam leluhur. Sebut saja makam Eyang Jaga Satru, Eyang Rongga Sadena, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong.


2. Gunung Tangkuban Perahu

Tempat Liburan di Bandung

Mendengar nama gunung yang satu ini kita akan terbawa suasana cerita rakyat Parahiyangan. Kisah Sangkuriang yang jatuh cinta dengan ibunya sendiri si Dayang Sumbi. Terletak sekitar 20 km arah utara kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu sudah lama dikenal sebagai tempat liburan keluarga. Berbentuk menyerupai perahu yang konon hasil dari Sangkuriang yang marah dan menendang perahu buatannya. Perahu itu pun jatuh tertelungkup dan menjadi gunung. Pengunjung disini dapat menikmati pemandangan kawah Gunung Tangkuban Perahu.

3. Situ Patenggang
 
Tempat Liburan di Bandung

Lokasinya berdekatan dengan Kawah Putih Ciwidey. Sekitar 7 km dari Kawah Putih. Situ adalah penyebutan danau dalam bahasa Sunda. Selain menikmati pemandangan. Pengunjung juga dapat berkeliling danau menggunakan perahu sewa. Situ Patenggang juga memiliki cerita rakyat sendiri. Nama Patenggang konon berasal dari pateang-teangan atau saling mencari. Dikisahkan Ki Santang dan Dewi Rengganis saling jatuh cinta. Cinta diantara mereka berdua sangat kuat. Setelah berpisah sekian lama dan saling mencari mereka bertemu disebuah tempat yang dinamakan “Batu Cinta”. Dewi Rengganis juga minta dibuatkan perahu dan danau. Perahu inilah yang sekarang dikenal dengan nama Pulau Cinta atau Sasaka.

Tempat liburan di Bandung yang ada di atas tadi sedikit diantaranya. Ketiganya adalah wisata alam dengan latar belakang cerita rakyat. Menawarkan pemandangan, kesegaran udara, ketenangan dan keheningan.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tempat Liburan di Bandung "

Post a Comment